Langsung ke konten utama

Apa Sih Yang Bisa Dilakukan Dengan Gaya Hidup Zero Waste





                                                              Ilustrasi/Pexels.com



Isu lingkungan saat ini menjadi sebuah isu hangat yang marak diperbincangkan. Isu perubahan gaya hidup masyarakat soal sampah, dimana masalah sampah menjadi ancaman serius. dari masalah soal sampah terutama sampah plastik, kemudian rame kampanye tentang gaya hidup zero waste. perubahan gaya hidup masyarakat yang diharapkan mulai mengurangi penggunaan sampah plastik. seperti tidak menggunakan kantong plastik saat belanja, dan diganti dengan totebag ramah lingkungan yang dapat digunakan berkali-kali untuk belanja.kemudian penggunaan botol tumblr sebagai pengganti botol plastik sekali pakai untuk kemasan air minum.

 Nah, gaya hidup ini sepertinya mudah diterapkan. kalau dilihat dari konten-konten tentang pola gaya hidup zero waste, mudah banget buat diterapin. eitss, sebenarnya merubah gaya hidup itu enggak mudah pastinya butuh waktu untuk step by step merubah kebiasaan. sebagai bahan obrolan, berikut 5 hal  yang perlu kamu lakukan jika ingin menerapkan gaya hidup zero waste.


1. Pahami Tentang Sampah Organik dan An Organik

Oke, hal pertama yang dilakukan jika ingin menerapkan gaya zero waste bukan hanya untuk sekedar gaya-gayaan apalagi mengkafirkan mereka yang belum hidup dengan gaya zero waste. pertama harus paham dulu antara sampah organik dan an organik, ini adalah bekal dasar untuk tau mana sampah yang masih bisa diolah dan mana yang enggak. sampah sisa makanan atau kulit buah juga sisa potongan sayur bisa kita manfaatkan untuk kompos. nah baru sampah yang enggak bisa diolah lagi di rumah seperti botol plastik dan kantong plastik, dll yang waktu terurai sangat lama di alam. itu yang perlu dikurangi atau dihindari penggunaannya. syukur-syukur kalau ada ide kreatif yang mengolah sampah itu jadi barang bernilai rupiah, lumayan buat nambah uang jajan. jadi pahami dulu tentang sampah, sebelum salah melangkah.

2. Konsistensi 

Apapun yang telah dilakukan, kita harus konsistensi dengan sebuah pilihan. termasuk ketika sudah menerapkan gaya hidup zero waste. bro dan sis, harus konsisten membawa totebag atau botol tumblr yang bisa diisi ulang. jangan sampai niat hati ramah lingkungan malah tergoda kemasan plastik jajan. ini hal yang enggak mudah, harus benar-benar konsisten dilakukan. enggak perlu langsung dipaksakan tapi perlu dibiasakan.

3. Mulai Dari Yang Sederhana

Perubahan gaya hidup bisa dilakukan dari hal yang sederhana. seperti pilah sampah sebelum dibuang ke tempat sampah di depan rumah bukan tempat sampah milik tetangga. biasakan taruh dan bawa botol tumblr kesayangan di tas agar enggak beli air dalam kemasan sekali pakai. pakai sabun mandi atau cuci secukupnya dan seperlunya saja karena yang berlebihan enggak baik. ini juga salah satu hal yang bisa dilakukan jika ingin hidup yang ramah dengan lingkungan.

4. Tuangkan Ide Kreatif Dalam Mengolah Sampah

Harus peka, ya itulah kunci jika ingin berkontribusi pada pengurangan sampah plastik di lingkungan sekitar. harus memiliki ide kreatif bagaimana samaph plastik ini bisa diolah jadi barang bernilai guna seperti kerajinan dkk. sudah banyak contohnya bisa diakses informasinya di dunia maya. tapi ada yang sederhana, bisa dilakukan dirumah. seperti memanfaatkan botol plastik sebagai tempat pensil atau pot tanaman yang tentunya akan bermanfaat.


5. Berani Memulai 

Ini yang terakhir, tapi paling penting. berani memulai, jika mau menerapakan gaya hidup zero waste ya harus berani memulai enggak usah mikir omongan orang lain. karena apapun bisa dicapai dengan berani, berani memulai. mulai dengn langkah kecil dan harus berani untuk menantang diri sendiri bisa enggak merubah gaya hidup yang boros akan sampah plastik. misal beli kopi, atau mie instan favorit di warung tetangga enggak perlu pake plastik atau beli es teh enggak perlu pakai kantong plastik, diminum saja di tempat.


Teman-teman bisa akses blog Zero Waste Indonesia jika ingin tau manfaat hidup zero waste. ini linknya, https://www.zerowaste.id/zero-waste-thoughts/manfaat-zero-waste-selain-kepada-lingkungan/  selamat membaca, terimakasih. butuh masukan dan kritikan untuk tulisan selanjutnya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Pendidikan

MANAJEMEN PENDIDIKAN Bagus Rachmad Saputra Abstract This research aims to study the management of education in a comprehensive manner from the theory and practice include an understanding of the substance of the management of education ranging from : ( 1) Management Curriculum , ( 2) Management of Students , ( 3) Management of Teachers and Education , ( 4) Management Facility Education and Infrastructure , ( 5) Management of school and Community Relations , ( 6) Financial Management , ( 7) Office Management Education , and ( 8) Management Special Services as a source of reference in the management of schools to be more effective and efficient . Both this paper aims to provide scientific insights about the management of education or educational administration and educational management role in the management of the school as a micro unit in the national education system to support policy -based management school Keywords :

Cerita Tentang Taman Kota

                                                                      Ilustrasi/Pexels.com Di taman kota ini kita menghirup udara segar setiap pagi Tempat biasa kita meluangkan waktu berolahraga  Dari sekian wacana tentang gaya hidup sehat yang kita perbincangkan setiap hari Baru beberapa putaran, Engkau meminta untuk sejenak berhenti  Sejenak kita bertirahat di pinggir jalan taman  Dengan tubuh yang basah dengan peluh keringat  Sambil memandangi mereka yang masih berlari  dan burung merpati yang terbang kesana kemari  Rupanya hari ini, satu dari sekian wacana kita terpenuhi  Untung saja kota ini memiliki taman kota  Diantara laju pembangunan gedung-gedung tinggi yang pesat  Masih ada ruang bagi kita untuk sekedar berlari menikmati udara pagi  2018
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN KONFLIK Bagus Rachmad Saputra Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Jalan Semarang 5 Kota Malang Email: bagusrachmad47@gmail.com Abstrak: Peran Kepala Sekolah sebagai pemimpin di sekolah sebagai pengambil keputusan dalam pengelolaan sekolah akan dihadapkan pada kondisi dan masalah dimana Kepala Sekolah harus mengambil keputusan yang terbaik dalam rangka pengelolaan sekolah agar efektif dan efisien. Persaingan antar individu sebagai komponen yang ada di sekolah tidak dapat dihindari karena setiap individu memiliki motivasi untuk bekerja semaksimal mungkin dan menjadi yang terbaik dalam aktifitas pengelolaan sekolah. Persaingan yang terjadi dapat menimbulkan konflik yang harus disikapi secara bijak oleh Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin di sekolah. Konflik juga dapat disebabkan oleh apa yang diharapkan oleh semua elemen yang ada di sekolah tidak sesuai dengan kenyataan